Monday 31 July 2017

Sistem Operasi Mobile part 1


               Hai guys, baru mau belajar ngeblog nih hehe, semoga blog ini berguna bagi nusa dan bangsa(lebay sekali). Oke kali ini saya akan membahas tentang operasi sistem atau sistem operasi, khususnya perkembangannya di dunia smartphone ya. Apa sih sistem operasi itu?
            Sistem operasi mobile adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem kinerja pada handphone atau mobile, hampir sama sih seperti sistem operasi yang ada di laptop sperti linux, mac os dan windows, tapi mungkin ada ini versi simpelnya karena hanya mengeontrol handphone. Lalu ada beberapa os yang pernah adad, beberapa diantaranya adalah

Palm OS



           Ini adalah os pertama di handphone, asing ya dengernya palm os. Seperti namanya os ini dibuat oleh palm inc yang di discontinue sejak tahun 2009 karena kalah saing dengan symbian dan blackberry, awal os ini tahun 1996, dengan touchscreen based dan graphical user interface.



Symbian os




          Nah ini dia sebelum blackberry menguasi, os ini sangat identik dengan nokia, siapa sih yang tak pernah pakai nokia, julukannya saja sudah hp sejuta umat, terus apakah yang membuat symbian itu nokia? Symbian os adalah sistem operasi taj terbatas yang dikembangkan oleh symbian.Ltd. tetapi akhirnya nokia membeli semua saham symbian.
System symbian yang paling baru pada saat itu adlah symbian belle. Yang paling banyak beredar adalah v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, V9.1s, rata rata nokia n series mengunakan symbian os v9.1s. tapi sekarang os dan handphone ini tinggal kenangan saja setelah blackberry dan android mulai menjamur, apalagi ada iphone juga. Kangen dengan handphone dengan fungsi dasar seperti sms telpon radio dsb, dengan fungsi dasar tersebut batre akan tahan lama bisa sampe berhari hari, tidak seperti handphone sekarang yang bisa bertahan 24 jam saja sudah bagus. Ya beda fungsi sih karena handphone sekarang sangat banyak kerjanya tidak hanya telpon dan sms dan semuanya terkoneksi dengan internet. Next artikel saya akan bahas tentang RIM(BlackBerry) dan Iphone.

Thank you...