Sunday 27 August 2017

Keunggulan layar 2,5D


Hai guys, adakah disini yang memakai smartphone dengan layar 2,5D? Tentunya layar ini tidak full melengkung seperti samsung s7 dan samsung s8. 2,5D  cueved glass mengacu pada kelengkungan ditepian kaca. Meskipun layar 2,5D ini sebenarnya sudah ada di smartphone tapi belakangan ini menjadi marketing yang menarik minat user


Istilah layar 2,5D digunakan untuk panel kaca yang memliki sedikit lengkungan ditepian atau disebut juga tepi berkontur. Sekilas bentuk layar 2,5D dengan tepi melengkung ini memang tidak akan terlihat bedanya dengan layar yang datar. Namun akan terasa perbedaannya ketika user memagang smartphone dengan layar 2,5D ini.

Layar 2,5 D ini memang tidak menampilkan 90 derajat namu akan menampilkan tampilan yang elegan, sehingga perangkat dengan layar 2,5D terlihat lebih ramping dan lebih menarik untuk konsumen. Layar lengkung 2,5D pada dasarnya adalah layar 2D dengan sisi yang dibuat membulat sehingga tidak ada sisi tajamnya. Bisa dibilang layar 2,5D adalah layar 2D yang diperhalus sudut sudutnya hingga membentukan sedikit lengkungan, sedangkan layar 3D adalah layar yang dipanaskan hingga melengkung lalu didinginkan dengan cepat.

Keunggulan layar lengkung, baik 2,5D maupun 3D adalah dari sisi estitika dan juga ergonomis. Tampilan smartphone dengan layar lengkusng akan terasa lebih mewah dan lebih elegan dibandingkan dengan layar biasa. Selain nyaman untuk digenggam karena sisi lengkung tersebut membantu pengguna untuk user untuk menggegam perangkat dengan baik


Lalu bagaimana dengan ketahanan layar lengkung tersebut? Sebenarnya ini sih tergantung manufaktur yang membuatnya, karena dengan menggunakan layar lengkung bukan berarti layar menjadi lebih lemah maupun lebih keras dari layar biasa.

Kekurangannya layar 2,5D yang saat ini banyak digunakan oleh user adalah sulitnya pengguna mencari tempered glass yang pas, karena beberapa tempered glass tidak full covered, bagian pada lengkungannya tidak tercover, sedangkan yang full covered lemnya hanya pada pinggirannya saja jadi debu dan kotoran lebih gampang masuk melalui lubang yang dibuat untuk kamera dan proximity.