Thursday 12 April 2018

Layara 120HZ yang disembunyikan Sony

Hai guys, seperti kita ketahui bersama bahwa rata rata layar smartphone yang beredar pada saat ini memiliki kecepatan 60hz, beda dengan yang diterapkan oelh razere yang membuat smartphone gaming dengan kecepatan 120hz, lalu apa bedanya? Dengan kecepatan 120 hz, gerakan saat memainkan game akan terasa halus dan layar sangat responsif.


Tahukah anda bahwa sebenarnya Xperia XZ Premium yang diperkenalkan 2017silam ini mempunyai kecepatan layar 120hz juga?. Tapi entah kenapa sony lebih memilih menonsktifkan fitur tersebut dan membuat default kecepatan layar yang 60hz. Lalu hal tersebut diketahui oelh salah seorang dari developer di xda. Developer tersebut menemukan fitur tersebut setelah mengoprek kernel tesebut.

Bukannya di sony itu 120 fps bukan 120 hz?. Angka pada frame rate per detik bisa disamakan dengan hz atau refresh rate. Lalu dengan OS oreo pada Xperia XZ Premium, para developer di xda membuatkan costum ROM agar pengguna dapat merasakan fitur 120 hz agar saat bermain game akan terasa sangat mulus gerakannya. Perlu diketahui jika ingin menggunakan Coustum ROM, Xperia anda harus di root dan ubl, jika sudah ubl maka tidak dapat lagi update melalui OTA, tapi tenang, anda tetap bisa update manual melalui flahtool.


Bagaimana hasil dari Coustum tersebut? Sebagian bilang tidak merasakan perbedaan antara Coustum dengan bawaan, sebagian juga bisa merasakan perbedaaanya. Meungkin karena belum bisa sepenuhnya konsisten. Apakah hanya Xperia XZ premium saja?. Yang baru diketahui adalah Xperia X, Xperia X Performance, Xperia XZ, Xperia XZ1 dan Xperia XA2.