Sunday 4 February 2018

LG mundur dari pasar China


Hai guys, di pasar smartphone semakin hari semakin ketat saja, bila tidak ada inovasi atau tidak mengikuti tren yang ada dipasaran niscaya produsen tersebut akan jeblok penjualannya. Itulah yang dirasakan oleh LG, bukan pada pasar smartphone global melainkan dipasar khusus China, dimana produsen lokal sangat menguasai dengan harga murah dan speksifikasi yang mumpuni.

LG telah melaporkan kondisi penjualannya, dimana pada tahun 2017 mereka hanya mampu menjual 13,9 juta unit smartphone, dan pada kuartal 4 tahun 2017 juga tidak terlihat adanya perbaikan dalam sisi penjualan mereka. Dan ini merupakan suatu kerugian bagi produsen asal Korea tersebut dimana akan menyambut pasar smartphone tahun 2018 yang akan menjadikannya semakin sulit.


Tidak sampai disitu saja, LG ternyata sudah mundur dari pasar China. Sebenarnya keinginan untuk mundur dari pasar China sudah terlihat sejak 2017 silam dimana LG sama sekali tidak meluncurkan smartphone terbaru mereka di China. Alasan LG mundur dari pasar China adalah persaingan harga yang sangat ketat sehingga LG harus menanggung kerugian selama 11 Kuartal terakhir.

Ini hanya bisnis smartphone saja yang mundur, tetapi bisnis electronic lain tetap jalan dipasar tersebut karena berbeda dengan bisnis smartphone mereka yang anjlok penjualannya, bisnis elektronik mereka justru masih mendapat pangsa yang cukup besar disana. Lalu di pasar smartphone mereka hanya punya satu pasar yang harus dijaga yaitu pasar Amerika Utara. Sedangkan untuk pasar Eropa, penjualannya jalan ditempat, dan masih harus bersaing dengan Huawei yang sudah mulai diterima oleh pasar Eropa.