Thursday 5 April 2018

Tren Smartphone berponi

Hai guys, sepertinya tahun ini hamper semua produsen smartphone berlomba lomba dalam mengahadirkan smartphone yang bezel less. Ya dimana semua bagian depan hanya diisi layar saja tanpa ada tombol fisik dan tanpa bezel, sebenarnya melihat smartphone tersebut terlihat sangat ringkih jika tidak sengaja jatuh dari ketinggian tertentu karena layar adalah bagian yang sangat rawan dan mahal jika ingin menggantinya.

Dengan bezel less, otomatis hanya menyisakan earpierce dan kamera depan saja, sehingga smartphone dengan model tersebut seperti mempunyai “poni”. Tren smartphone berponi ini dimulai oleh essential phone yang mempunyai smartphone berponi. Lalu Samsung sangat ekstrim dalam menghilangkan bezel dan mereka menyebutnya infinity display. Lalu terlahirlah Iphone X dengan poninya, dulu smartphone tersebut dibikang aneh karena demi menghadirkan layar yang full, mereka harus menempatkan kamera dan segala sendor yang berada di depan di area atas sehingga menyerupai poni.


Dulu dibenci, sekarang? Malah di ikuti dan dijadikan tren oleh produsen. Padahal saat essential merilis smartphone dengan bezel less dan poninya tersebut tidak terlalu dijadikan tren. Dan pada tahun ini smartphone yang diluncurkan para produsen akan mempunyai konsep body yang sama dengan Iphone X yaitu bezel less dengan sedikit poni untuk menempatkan kamera dan sensor.

Seperti Asus telah melahirkan Zenfone 5, lalu beberapa hari yang lalu Vivo meluncurkan Vivo V9 dengan konsep yang sama pula. Lalu produsen Huawei sedang mempersiapkan P20 series dan Oppo dengan R15 series yang mengusung konsep smartphone berponi. Ini masih awal dari tren smartphone berponi, karena belum terpikarkan oleh para produsen untuk penempatan kamera dan sensor yang berada di depan atau mungkin belum terealisasikan saja. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan dari smartphone berponi, bagus sih dan enak dipandang tapi terlalu ringkih jika tak sengaja jatuh pada ketinggian tertentu. Semoga bermanfaat guys..