Sunday 1 April 2018

Android P rilis, kapan?

Hai guys, pada tanggal 8 Maret 2018 lalu, Google selaku bapak dari Android telah merilis preview untukAndroid penerus dari Oreo yaitu android P. preview ini hanya untuk para developers sehingga kita sebagai user biasa tidak bisa menikmati preview ini.

Dan selanjutnya Google sudah mempersiapkan Developrer Preview versi 2 yang akan rilis pada Mei tahun ini. Lalu pada bulan selanjutnya akan dirilis Developer Preview versi ke 3 dengan mencakup API dan SDK terbaru. Dan masih pada bulan yang sama versi berikutnya akan dirilis juga. Pada versi ini akan menjadi build Android terbaru yang akan diuji oleh para developer.
Selanjutnya pada bulan Agustus 2018, Google merilis versi berikutnya yang akan diikuti dengan peluncuran versi final pada kuartal ketiga tahun 2018. Telah dijelaskan diawal, kita tidak bisa menikmati versi preview ini karena hanya ditujukan untuk pengembangan saja. Dan hanya smartphone keluaran Google saja seperti Pixel, Pixel XL, Puxel 2 dan Pixel 2 XL yang akan menerima Android P preview.

Bocoran fitur terbaru yang akan disematkan pada Android P adalah Google mengadopsi artificial intelligent Smart Reply untuk menjawab pesan yang masuk. Tentunya keamanan pada Android P ini diharapkan lebih bagus dibanding dengan versi Android yang sudah beredar saat ini dan akan menjadi daya tarik sendiri pada Android P ini.

Jadi apakah Android P ini akan lebih bagus dari Oreo? Kita tunggu saja kelanjutannya. Yang jelas versi final preview Android P adalah kuartal 3 tahun 2018. Semoga bermanfaat guys..