Sunday 7 January 2018

Mari mengenal Snapdragon 845


Hai guys, pada Desember tahun kemaren. Qualcomm meresmikan kehadiran chipset terbaru mereka yaitu Snapdragon 845. Snapdragon 845 ini akan digunakan pada flagship smartphone pada tahun ini.

Chipset terbaru mereka ini dibekali beberapa fitur baru, seperti CPU dan GPU ynag lebih mumpuni dari sebelumnya, hingga dukungan Gigabit LTE dan pemrosesan kecerdasan buatan atau yang biasa disebut Artificial Intelligence. Lalu Qualcomm mengelompokan fitur fitur terbaru mereka dalam beberapa kelompok yaitu :


Immersion

Chipset ini bakal menghasilakn konten visual yang lebih bagus dengan paduan GPU Adreno 630 dan ISP 280. Kombinasi beberapa hal tersebut menghasilkan fitur fitur baru seperti merekan video HD slow motion hingga 480 fps, Multi Frame Noise Reduction untuk foto, akselarasi VR dan AR, serta untuk video ultra HD premium dengan kedalaman warna 10 bit.

Kecerdasan buatan

Chipset ini disiapkan sebagai pusat pengolahan kecerdasan buatan. Pengolahan AI di chipset ini ditangani oleh CPU Kyro 385, GPU Adreno630, dan DSP hexagon 685. Kinerjanya diklaim 3x lebih cepat dibanding Snapdragon 835. Menghasilkan asisten personal yang lebih pintar, hingga efek bokeh difoto tanpa perlu kamera ganda.

Security

chipset ini tertanam Secure Procesing Unit yang dibekali random number generator untuk membuat kunci dalam tranksaksi digital. Dengan adanya fitur tersebut chipset ini digadang gadang akan bisa menangani hacker dibanding chipsetnya yang terdahulu. Chipset ini juga mendukung Face ID ala Iphone. Dengan kata lain, kemungkinan besar flagship pada tahun ini akan menggunakan Face ID ala ala Iphone.



Konektivitas

Chipset ini memiliki modem 4G LTE X20 terbaru. Juga mendukung dual sim sehingga kedua sim bisa menggunakan jaringan yang sama tanpa dibatasi salah satunya. Selain itu ada kemampuan lain yaitu broadcast, dengan kemampuan tersebut, perangkat bisa tersambung ke perangkat bluetoth lain secvara bersamaan tanpa gateway.

Kinerja

Seperti seniornya yaitu Snapdrgaon 835, chipset ini tetap menggunakan proses fabrikasi 10nm, tapi core CPU kini menggunakan delapan inti Kryo 385, Gpu menjadi Adreno 630. Chipset ini jugga disematkan cache level 3 sehingga mendongkrak kinerja dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Dengan fitur quick charge 4, menjanjikan pengisian 50 persen dalam waktu 15 menit dengan estimasi batre sebesar 2700 mah.