Monday 1 January 2018

Apa sih E-Sim itu?


Hai guys. Setelah google merilis Google pixel 2 dan Pixel 2 XL ada sesuatu yang menarik yang disematkan pada kesua smartphone tersebut, yaitu penggunaan e-sim. Lalu bagaimana jika di implementasikan di pasar Indonesia, karena setelah puluhan tahun Indonesia menggunakan sim lalu akan mudahkah untuk beralih dengan teknologi e-sim?

Beberapa operator memang terlihat wait and see terhadap perkembangan teknologi tersebut. Karena dengan teknologi e-sim, smartphone bahkan tidak lagi memerlukan sim card. Ada operator yang siap mengikuti perkembangan teknologi tersbut tapi tetap pada regulasi yang akan dikeluarkan oleh pemerintah.
Gambar ini merupakan simcard biasa


Lalu apa itu e-sim? E-sim adalah revolusi kartu sim yang diubah menjadi sim elektronik, dimana teknologi ini dipelopori oleh Apple dan Google.sehingga pelanggan tidak perlu repot repot lagi terhadap adanya sim card yang hilang maupun rusak. Tak hanya bentuknya saja yang jadi elektronik, tapi kecepatannya pun juga semakin cepat, dan diklaim seperti smartphone yang terhubung dengan wifi.

Namun dengan teknologi baru ini, akan jadi batu sandungan Google untuk memasarkan smartphone terbarunya, karen aoperator didunia belum beralih ke e-sim. Denagn begitu Google mengajak semua operator dunia untuk beralih ke teknologi e-sim. Google juga ingin bekerjasama dengan beberapa mitra industri untuk mewujudkan teknologi e-sim.

Perlu diketahui juga bahwa pada kedua smartphone keluaran Google tersebut kemungkinan tetap menggunakan sim konvensional yaitu adanya sim tray pada kedua smartphone tersebut. Kemungkinan besar sim yang dipakai adalah nano sim.