Saturday 5 August 2017

Fakta google yang jarang diketahui


          Hai guys bertemu lagi dengan saya disini yang tak bosan bosannya membahas tentang teknologi. Jaman sekarang teknologi kemajuannya sangatlah pesat dibanding 20 tahun yang lalu yang terasa lambat. Nah pada kesempatan kali ini saya membahas sedikit tentang ‘mbah’ google, sudah pada taukan google?.


          Kamu tahu kata goole berasal dari goolo, kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta. Sirotta membuat istilah googlo untuk meyebut angka satu yang diikuti 100 angka 0. Oleh karena itu penggunaan kara google merupakan refleksi dari kata googlo. Google berasal dari sebuha pertemuan 2 pemuda yang terjadi secar tidak sengaja pada tahun 1955. Larry Page yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah satu murid yang mendapat tugas mengantar kelililng Larry.
Perbedaan pemikiran mereka malah menyelesaikan satu tantangan didunia komputer yaitu masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif. Misi google adalah untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna



          Pada September 2001 mekanisme pemeringkatan google diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberika secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta. Pada Februari 2003 google membeli Pyra Labs, pemilik blogger, makanya agan agan bisa ngeblog nih. Akuisi ini tampak tidak konsisten dengan misi google, namun langkah ini membuat google dapat menggunakan informasi informasi dari postingan blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel di google news.
Pada puncak kejayaannya di tahun 2004 google mengurus hampir 80% dari seluruh permintaan pencarian diinternet melalui situs webnya dan klien klien seperti Yhoo, AOL, CNN. Share google turun sejak yahoo melepaskan teknologi pencarian google agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.


          Apakah anda tahu kenapa sih halaman tampilan google tampil bersih sejak awal diluncurkan? Karena kedua pendiri mereka tidak menguasai HTML. Pencarian google dibuat sederhana pengguna cukup menekan tombol enter setelah memasukan kata kunci. Pada tahun 2012 google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL unik diweb. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaa digital paling besar dan paling penting di dunia. Dan katanya sih ada kesalahan kode pada halaman muka google, saya sih belum membuktikannya sendiri.