Thursday 3 August 2017

ini dia bapak Android


          Hai guys apa kabar, kali ini saya akan sedikit membahas tentang sosok orang yang punya pengaruh besar dalam sisitem operasi pada smartphone, yup siapa lagi kalau buakn salah satu pendiri android, Andry Rubin.




          Ini dia sosoknya, apa ada yang belum pernah lihat?. Beliau lahir di New Bedford, Amerika Serikat pada tanggal 22 juni 1946. Rubin kecil sudah terbiasa dengan gadget karena ayahnya dari psikolog banting setir bisnis direct marketing.
Rubin kecil sudah sangat tertarik dengan seni robotika dan bertemu dengan seseorang yang ternyata bekerja di Apple. Dari bagian manufajtur Rubin pindah ke bagian riset Apple, dan tahun 1990 Apple membentuk sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan telpon genggam dan Rubin ikut bagian tersebut.

          Di tempat yang penuh dengan mainan robot, Rubin melahirkan produk baru yaitu sidekick, disinilah cikal bakal android mulai digagas. Tahun 2002 Rubin memberi kuliah mengenai pengembangan sidekick. Sebuah kebutulan saat itu Larry Page dan Sergey Brin ikut dalam kuliah tersebut.



          Rubin menginkubasi Android saat ia menjadi enteprenuer in presidence. Bersama perusahaan modal ventura Redpoint Ventures di tahun 2004. “Android berawal dari salah satu ide sederhana, sediakan platform mobile yang tangguh dan terbuka sehingga mendorong inovasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan”, ujar Rubin. Pada Juli 2005.
Setelah 22 bulan android berdiri, raksasa google mencaplok android dan Rubin ikut di dalamnya. Bersama dengna google, android berhasil menjadi raja os smartphone dengan marketshare diatas <50% di dunia untuk saat ini. Dengan sistem open source para vendor berinovasi dengan produknya sendiri dengan based on android. Pada tahun 2013 Rubin resmi mengundurukan diri dari google. Dan  pada tahun 2017 bapak android ini membuat smartphone buatannya sendiri bernama essential.