Saturday 16 September 2017

Google akan memblokir autoplay video pada Chrome


Hai guys. Pada tahun 2018 sepertinya Google mulai berbenah di beberapa produk andalanya. Setelah ada rencana mematikan layanan drive untuk desktop, Google juga membuat perubahan pada salah satu produknya yaitu Google Chrome. Dikatakan bahwa Chrome akan menangani konten video dalam upayanya untuk mengurangi faktor yang menganggu pengguna yakni pemutaran video otomatis pada desktop.

Pada saat ini konten video memang secara otomatis memutarkan video yang sudah terjadwalakan oleh media yang bersangkutan. Namun pada update Chrome desktop yang akan dirilis tahun depan akan memblokir konten tersebut dan akan memutarkan video tersebut jika telah diberi ijin oleh si user. Pada update Chrome yang akan rilis tahun depan, pemutaran otomatis hanya akan diizikan bila media tidak diputar dengan suara atau penggun asecara khusus menunjukan minat pada konten tersebut.


Chrome akan memutar konten tersebut bila pengguna menginginkannya, dan tidak akan memutar konten tersebut bila pengguna tidak menginginkannya, hal itu untuk menghormati pengguna yang merasa sangat terganggu dengan pemutaran otomatis pada konten konten tertentu.

Dijelaskan Google bahwa opsi mematikan situs aka bertahan diantara sesi pengguna melakukan browsing, untuk memungkinnya memiliki kontrol lebih besar terhadap kapan dan dimana audio akan di putar. Dan itu akan berpengaruh pada situs seperti Netflix ataupun Youtube.

Dalam hal ini Google menegaskan bahwa Google akan membuat sejumlah rekomendasi kepada pemilik dan pengembang situs website yang masih inginm menggunakan stream video autoplay di versi Chrome terbaru yang baru akan dirilis tahun depan itu.