Saturday 23 September 2017

Sejarah Smartwatch


Hai guys, tahukah kamu bahwa ide membuat smartwatch sudah ada pada 2 dekade silam. Dan ide tersebut di mulai sejak tahun 1994, yaitu ide menghubungkan komputer dengan wristwatch itu muncul dari Timex Datalink. Disini, Wikipedia menyatakan bahwa produk itu meyadari adanya kemungkinan transfer data nirkabel untuk berkomunikasi dengan PC.

Janji dab kontak yang dibikin menggunakan Microsoft Schedule+ dapat di gunakan dengan mudah di tansmisikan ke layar. Lalu pada tahun 1998, Steve Man meciptakan, merancang, dan membangun arloji Linux pertama di dunia yang disajikan di IEEE ISSSC 2000 Februari 2000. Steve Man mendapat julukan father of wearable computing. Lalu Linux memamerkan prototype dimana versi aslinya memiliki daya tahan sekitar 6 jam dan diperluas menjadi 12 jam.

Nah pada tahun 1999 Samsung meluncurkan ponsel jam tangan pertama di dunia, SPH-WP 10. Gadget ini memiliki antena yang menonjol, layar LCD monokrom dan daya tahan  sekitar 90 menit dengan waktu bicara dengan speaker yang terintegrasi serta mikrofon. Lalu tahun 2003 Foil merilis PDA Wrist, jam tangan dengan sistem operasi Palm dan berisi RAM 8MB dan memory 4mb. PDA ini memiliki stylus yang digunakan untuk menyentuh layar touchscren layar monokrom kecil yang memiliki resolusi `60x160 pixel.



Tahun 2004 Microsoft merilis smartwatch SPOT. Sebuah inisiatif dari Microsoft untuk personalisasi perangkat elektronik rumah tangga dan gadget sehari hari lainnya. Jam tangan tersebut menawarkan informasi sekilas dimana perangkat lainnya menyediakan informasi lebih lanjut. Lalu tahun 2009 Samsung lagi lagi meluncurkan smartwatch Phone S9110, gadget yang menampilkan layar LCD berwarna 1,76 inch dengan tebal 11,98 mm.


Lalu pada tahun 2010 Sony Ericsson meluncurkan Sony Ericsson LiveView. Perangkat bluetooth eksternal untuk smartphone Android yang berbentuk jam tangan. Dan dari sinilah mulai tercipta smartwatch untuk menemani smartphone Android. Di Indonesia sendiri sepertinya kurang begitu diminati.

Semoga bermanfaat, thank you..