Friday 15 September 2017

Nokia rilis smartphone di Indonesia, ini harganya!!


Hai guys, tanggal 14 September 2017 ini, akhirnya HMD Global selaku pemilik Nokia memboyong 3 jagoannya yaitu Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 ke Indonesia. Ketiga smartphone besutan Nokia ini menjalakan android murni tanpa da modifikasi dari Nokia sendiri.  Pihak HMD Global mulai memperkenalkan mulai dari seri entry level yang dipunyanya, yaitu Nokia 3.

Smartphone ini dibekali dengan prosesor dari MediaTek yaitu MT6737 dan ditemani ram yang sudah lumayan untuk pemakaian sehari hari sebesar 2GB. Smartphone ini memiliki layar IPS 5 Inch dengan resolusi HD yang dilindungi pelindung samrtphone terhebat saat ini, Corning Gorilla Glas. Bingkainya berbahan logam tetapi yang mengecewakan adalah pada bagian belakang hanya menggunakan bahan polykarbonat.

Lalu ditemani juga batrei sebesar 2630 mAh yang terasa nanggung untuk smartphone saat ini. Pada bagian kamera dan belakang sama sama diberi kamera dengan resolusi 8 mp lalu dengan android Nougat di dalamnya.

Selanjutnya adalah Nokia 5 yang hadir dengan prosesor yang sudah banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone yaitu Snapdragon 430 yang sudah lumayan dalam hal performa tetapi lebih efesien. Dengan Ram sebesar 3 gb dan internal sebesar 16gb dirasa cukup untu sehari sehari. Pada sisi kamera belakang di beri kamera dengan resolusi 13 mp dengan bukaan f/2.0, PDAF, dan dual tone LED Flash.


Pada bagian kamera depannya diberi kamera dengan resolusi 8mp degan bukaan f/2.0. layarnya sebesar 5, 2inch IPS HD dan layarnya di lindungi dengan Corning Gorilla Glass. Lalu smartphone kelas menengah ini sudah ada sensor sidik jari pada bagian tombol kunci, seperti punya Sony. Dengan dual sim saya rasa cukup enak, batrei sebesar 3000 mAh yang saya rasa cukup dan berjalan pada sistem operasi Android Nougat.

Lalu Nokia 6 dengan spek hardware tertinggi dibandin dengan Nokia 3 dan Nokia 5. Prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 430 dengan ram 3 gb dan internla sebesar 32gb. Layarnya sendiri juga sebesar 5,5 inch dengan kualitas IPS HD dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Pada bagian kamera juga cukup mumpuni, diberi kamera dengan resolusi 16mp dengan bukaan f/2.0, PDAF, dan dual tone LED Flash.kamera depannya diberi dengan resolusi 8mp bukan f/2,0 autofokus. Batrei sama dengan Nokia 5 yaitu 3000mAh dan didukung fastcharging jadi tidak usah terlalu lama lama dalam hal menegcas.

Harga Nokia 3 adalah sekitar Rp. 1.899.000. yang akan hadir dengan Android 7.1.1. lalu Nokia 8 dan Nokia 5 belum diumumkan harganya jadi saya belum bisa memberi info masalah harga. Ketiga Nokia ini akan hadir di Indonesia pada awal Oktober dan akhir Oktober.