Tuesday 5 September 2017

Sekilas tentang Xiaomi


Hai guys,tahukah kamu, Xiaomi nerasal dari nahasa mandarin yang artinya Beras Kecil. Xiaomi didirikan oleh delapan mitra pada tanggal 6 Juni 2010. Pada tahap awal pendanaan investor institusi, termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura. Penandanaan awal modal dari China dari China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, serta perusahaan prosesor yaitu Qualcomm

Lalu pada tanggal 16 Agustus 2010 Xiaomi berhasil memperkenalkan firmware berbasis Android yaitu MIUI. Dan smartphone pertama mereka Mi 1 yang diperkenalkan pada Agustus 2011. Lalu satu tahun kemudian Agustus 2012 Xiaomi meluncurkan smartphone kedua mereka yaitu Mi 2, smartphone ini mengusung Snapdragon S4 Pro APQ8064 dari Qualcomm 1,5 GHz quad core dengan ditemani Ram 2GB dan GPU Adreno 320.


Xiaomi mengumumkan bahwa pada September 2013 bahwa penjualan Mi 2 telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan saja. Pada bulan yang sama juga Xiaomi meluncurkan smart TV yang berukuran 47 inch berkemampuan 3D dengan basis Android yang di rakit oleh anak perusahaan milik Sony.

Masih di bulan yang sama Xiaomi meluncurkan smartphone ketiganya yaitu Mi 3 yang mengusung Snapdragon 800 dan chipset Tegra 4 dari NVIDIA. Dan sebulan kemudian Xiaomi dilaporkan merupakan merek smartphone yang paling banyak digunakan di China no 5.

Pada tahun 2014 Xiaomi mulai memasuki pasar Internasional dan memulai debutnya di pasar Singapura. Redmi dan Mi 3 adalah smartphone pertama Xiaomi yang dipasarkan di pasar internasional. Pada Maret 2014 kabar mengejutkan bahwa smartphone mereka yaitu Mi 3 habis terjual dalam waktu sekitar 2 menit saja. Bulan bulan berikutnya Xiaomi masuk ke pasar Indonesia malaysia, Filipina, India dan negara Eropa.

Sekarang Xiaomi sudah memliki saham senilai 10 Miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karywan. Menurut data sekarang, Xiaomi masuk ke 5 besar dengan penjualan smartphone terbanyak di dunia dengan Samsung sebagai pemimpinnya, tetapi Samsung sepertinya penjualannya semakin lesu semakin tahun.