Thursday 7 September 2017

Sekilas tentang ASUS


Hai guys, ASUS adalah sebuah perusahaan yang menurut saya cukup sukses di ranah Laptop, terbukti dengan banyaknya user yang menggunakan Laptop ASUS. Lalu ASUS mencoba peruntungan mereka di ranah smartphone dengan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini yaitu Android, apakah Asus akan sukses?


ASUS bukan pertama kalinya membuat handphone, ditahun tahun sebelum Android muncul, ASUS sudah meluncurkan beberapa handphone yang memang kurang terkenal seperti saat ini. Smartphone pertama ASUS adalah seri Zenfone. Dimulai dengan Zenfone 4 yang datang dengan layar 4 inch, Zenfone 5 dengan layar 5 inch dan Zenfone 6 dengan layar 6 inch.

Datang dengan harga yang miring dengan spek yang bisa dibilang wow ASUS seri Zenfone berhasil menarik konsumennya. Terbukti dengan penjualan yang cukup menjanjikan. Dan yang lebih berani adalah ASUS menggandeng Intel yang notabene belum terkenal di ranah smartphone dibanding dengan Snapdragon ataupun MediaTek atau bahkan Exynos dari Samsung.

Masalah pun terjadi. Dengan prosesor Intel yang menimbulkan masalah panas berlebihan jika smartphone digunakan dalam waktu yang lama dan jika untuk bermain game. Ini jadi pertimbangan ASUS untuk memikirkan kembali apakah bertahan dengan Intel atau beralih ke prosesor yang sering digunakan pada smartphone kelas menengah.

Dan tahun ini saya melihat perkembangan ASUS tahun ini yang meninggalkan Intel. Tahun ini lahirlah Zenfone 4 series dengan memakai Prosesor dari Qualcomm yaitu Snapdragon. Beberapa diantaranya memakai seri mid range dari Snapdragon yaitu seri 625 atau 630. Lalu pada seri tertinggi dari Zenfone 4 series yaitu Zenfone 4 pro yang memakai Snapdragon 835.


Seri snapdragon tersebut juga dipakai oleh seri seri flagship vendor lainnya, dari segi kamera pun juga mumpuni. Dengan RAM sebesar 6GB dan Internal yang begitu lega yaitu 128GB. Harganya pun juga mampu bersaing dengan Flagship yang lain, bahkan saya bilang termasuk murah yang mematok harga kurang dari 6 juta untuk sebuah flagship.

Semoga ASUS mampu bersaing dengan vendor seperti Sony, Samsung, Xiaomi dan yang lainnya agar user mendapat banyak pilihan untuk membeli sebuah smartphone yang mumpuni. Yang harganya sesuai dengan spek yang diberikan. Harganya tidak berlebihan yang hanya mengandalkan nama besar vendor.

Semoga bermanfaat. Thank you..